Kota Malang (M2KM) — Pada momentum suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Dewan Ambalan gugus depan 01.007-01.008 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang menggelar acara halal bihalal yang dilaksanakan pada Sabtu (27/04/24) di Aula Besar Madrasah. Halalbihalal Dewan Ambalan 2024 merupakan salah satu program kerja Dewan Ambalan MAN 2 Kota Malang, sebagai bentuk penerapan visi dan misi organisasi dengan asas kekeluargaan melalui ajang silaturahmi dan saling memaafkan antar anggota dewan ambalan, pembina, dan alumni. Kegiatan ini diperuntukan bagi seluruh anggota aktif pengurus Dewan Ambalan MAN 2 Kota Malang, pengurus non-aktif (Dewan Kehormatan), dan alumni MAN 3 Malang tahun 1993-2017 serta alumni MAN 2 Kota Malang.

Kegiatan halal bihalal tersebut dihadiri Wakamad Bidang Kesiswaan Kak Ali Mukti, M.Pd. dan Waka Sarana Prasana Kak Dr. Gunawan, MA serta para Pembina Pramuka, serta anggota Pramuka dan juga para alumni Pramuka MAN 2 Kota Malang (ex. MAN 3 Malang). Sambil menunggu acara dimulai, para peserta halal bihalal saling bertegur sapa dan bercerita dan juga bertukar pikaran program pramuka kedepannya.

Salahsatu Pembina Pramuka Kak Faishal Yudha mengucapkan terima kasih sudah berkenan hadir di acara halal bihalal, dan juga tidak lupa mengucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan bathin.
” Acara Halalbihalal digelar dengan datangnya bulan Syawal pada satu tahun hijriah setelah berpuasa selama 30 hari dengan meliputi kegiatan seperti pengenalan sejarah kepramukaan di Madrasah, sesi sharing, dan ramah-tamah. Pelaksanaan acara ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas organisasi dan mewujudkan aspek kekeluargaan diantara pengurus organisasi serta membentuk organisasi yang berlandaskan pada ajaran Islam.” Jelas Kak Fai panggilan akrabnya.

Sementara itu, Waka Sarpras Kak Gunawan mewakili Kamabigus MAN 2 Kota Malang yang sedang mengikuti acara di Kemenag Kota Malang dalam sambutannya juga tidak lupa mengucapkan selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir bathin kepada seluruh para undangan yang hadir. “Kegiatan ini merupakan atas inisiatif dari ketua ambalan dan pembina Pramuka MAN 2 Kota Malang. Untuk itu jadikan momen ini untuk saling mema’afkan, dan saling mendoakan dalam hal kebaikan, Semoga kegiatan ini mampu memperkuat silaturahmi, dan juga berbagi pengalaman dengan para alumni yang sudah mampu membuat Pramuka MAN 2 Kota Malang menjadi hebat,” Ujar Kak Gun yang paling senior di Pramuka MAN 2 Kota Malang.

Harapan Kak Gun, bahwa dinamika gerakan Pramuka akhir-akhir ini cukup menyita publik nasional, adanya kebijakan dari Menteri Pendidikan Indonesia tentang kegiatan Pramuka di Sekolah itu tidak wajib lagi. “ Maka dari itu, kita sikapi sementara ini di madrasah berjalan dulu, karena kalau tiba-tiba di laksanakan, maka hal itu pastinya akan berpengaruh kepada peserta didik, karena di Pramuka di ajarkan bagaimana hidup disiplin. Tapi kami berharap Pramuka MAN 2 Kota Malang tetap berjalan seperti yang sudah dilaksanakan selama ini, untuk peserta didik dengan suka rela saja untuk mengikuti kegiatan Pramukanya,” Harapanya.

Acara selanjutnya berbagi pengalaman oleh para alumni tentang dunia kepramukaan yang sudah di jalani selama di MAN 3 Malang dulu dan MAN 2 Kota Malang. Di akhir acara para undangan yang hadir makan bersama yang sudah di sediakan panitia. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait